Kereta Api Indonesia Terbaru

Kereta api di Indonesia terus mengalami perkembangan. Sejumlah rangkaian kereta dengan teknologi paling baru terus disiapkan untuk menambah kenyamanan dan keamanan penumpang. Seperti contohnya ketika PT KAI menyiapkan dua rangkaian kereta yang masuk kelas Super Eksekutif. Rangkaian kereta ini dibuat oleh PT Inka.

Kereta kelas super eksekutif ini memiliki teknologi terbaru. Seperti misalnya dengan penerapan kaki-kaki roda kereta (bogie) dengan teknologi baru. Sehingga kereta pun bisa melaju lebih kencang dari kereta api jenis sebelumnya.

Kalau untuk tipe kereta biasa, biasanya mampu melaju dengan kecepatan rata-rata 90 km per jam, sementara pada kereta kelas super eksekutif ini mampu “berlari” hingga 120 km per jam. Dengan begitu penumpang pun bisa lebih cepat sampai ke tujuan.

kereta api

Kelebihan lain kereta super eksekutif ini adalah dari penggunaan bahan yang lebih ringan namun lebih kedap suara. Dengan begitu, saat Anda berada di dalamnya akan terasa lebih tenang. Misalkan mau tidur pun, Anda tidak akan mendengar suara dari luar gerbong.

Menurut rencana KAI, kereta super eksekutif ni akan dipakai untuk kereta Argo Dwipangga dan Argo Lawu yang memiliki rute Jakarta Solo. Selain juga dipakai untuk kereta Bima Jakarta Malang dan kereta Argo Anggrek di rute Surabaya-Jakarta.

Perkembangan lain yang banyak ditunggu dari perkeretaapian di tanah air adalah mengenai kereta cepat Jakarta Bandung. Jika nantinya kereta api itu sudah dioperasikan maka jarak Jakarta Bandung pun bisa ditempuh hanya dalam 30 menit saja.

Rencananya kereta cepat itu tidak hanya untuk rute Jakarta Bandung. Namun juga akan dibuat kereta cepat untuk rute Jakarta Surabaya. Kedua kota itu nantinya bisa ditempuh lebih cepat, cukup dengan 6 jam saja.

Ya itulah beberapa perkembangan kereta api Indonesia terbaru. Tidak hanya dalam soal infrastruktur dan armada, teknologi pemesanan tiket kereta pun berkembang lebih maju. Sejak adanya penjualan tiket kereta online, kini banyak penumpang yang menikmati layanan ini. Sekarang tak ada lagi antrian mengular di stasiun yang dulu sering terlihat ketika pembelian tiket masih harus di loket.

Ya itulah beberapa gambaran perkembangan kereta di Indonesia. Semoga nantinya kereta api Indonesia makin maju dan jaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *