Tiket Kereta Api Jakarta Surabaya Masih Tinggi Peminat

tiket-kereta-api-jakarta-surabaya
Tiket pesawat Jakarta Surabaya tidak terpaut jauh dengan tiket kereta api eksekutif. Tetapi, masih banyak juga orang yang lebih memilih naik kereta dibanding naik pesawat. Apa alasannya?

Pertama, semahal-mahalnya tiket kereta api eksekutif, masih lebih mahal tiket pesawat. Contoh, tiket kereta api Gumarang paling mahal sekitar Rp. 450.000. Bisa anda cek di tiket.com atau langsung ke website resmi PT KAI. Dengan harga ini anda sudah bisa menikmati fasilitas terbaik. Tempat duduk yang nyaman dan suasana yang juga menenangkan. Kursi penumpang bisa mengakomodir kelelahan anda, dan mengijinkan anda tidur rebahan. Sementara harga sebesar itu untuk tiket pesawat anda akan mendapatkan kursi kelas ekonomi yang kalah nyaman dibandingkan dengan Gumarang kelas eksekutif.

Memang, waktu tempuh Jakarta-Surabaya jauh lebih cepat jika anda menggunakan pesawat, tetapi bagi anda yang berdomisili di Jakarta dan jauh dari bandara Soekarno Hatta atau Halim Perdana Kusuma, kereta tetap lebih menarik untuk dipilih, bukan? Apalagi, di Jakarta sendiri ada banyak stasiun yang menawarkan kereta rute Jakarta Surabaya. Dengan kata lain, akses menuju stasiun kereta lebih mudah dibanding menuju bandara.

Satu lagi alasan yang sangat masuk akal mengapa kereta api tidak kehilangan penggemar meski harga tiket pesawat sudah jauh lebih murah. Jika anda membutuhkan tiket kereta api dalam waktu satu atau dua hari atau bahkan dalam beberapa jam, istilahnya pembelian tiket pemberangkatan langsung, tidak perlu membayar lebih mahal dari harga tiket yang dipesan jauh-jauh hari. Berbeda dengan tiket pesawat yang semakin mendekati waktu pemberangkatan harga tiketnya akan semakin mahal.

Bagi sebagian orang, pemeriksaan sinar X dan biaya tambahan untuk overload bagasi dan lain-lain di bandara menjadi alasan mengapa mereka tidak suka naik pesawat. Juga, ada yang beralasan memilih kereta api karena lebih menyukai pemandangan dari atas gerbong disbanding pemandangan dari atas pesawat.

Apapun alasan anda lebih memilih kereta api Jakarta-Surabaya dibanding pesawat, anda harus siap mental dengan kenyataan bahwa jarak tempuh paling cepat kereta api untuk rute ini adalah 10 jam, sedang kelas ekonomi bisa lebih lama lagi, yaitu 12 jam. Banyak bekal yang harus disiapkan, terutama makanan dan minuman. Dan, sebelum menempuh perjalanan yang panjang ini, perlu juga dipikirkan apa saja hal-hal yang bisa anda lakukan di dalam gerbong supaya anda tidak bosan dan cepat merasa lelah. Atau, anda bisa pilih tiket kereta api Jakarta Surabaya dengan jadwal keberangkatan sore atau malam hari agar perjalanan tidak terasa melelahkan, karena di dalam kereta anda bisa tidur, bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *