Tiket Kereta Api Surabaya Banyuwangi, Pilih yang Mahal atau Murah?

kereta-api-surabaya-banyuwangi
Kereta primadona untuk rute kereta api Surabaya-Banyuwangi adalah kereta Mutiara Timur, baik kereta Timur Siang 85 dan Mutira Timur Malam 87. Kereta api ini dirancang khusus untuk kelas bisnis dan eksekutif, dan banyak diminati para turis baik lokal maupun mancanegara yang ingin berlibur ke Bali. Bagaimana cara para penumpang bisa sampai ke Bali? Bukankah pemberhentian terakhir kereta api ada di stasiun Banyuwangi? Pihak KAI menyediakan bus Damri eksekutif yang kemudian mengantarkan para penumpang Mutiara Timur menyeberang ke Pulau Bali langsung menuju Denpasar. Meski tiket kereta api Mutiara Timur tidak murah, jangan dikira kereta ini sepi peminat.

Dilihat dari data pencarian tiket di tiket.com, tiket kereta api Mutiara Timur lebih benyak peminat dibanding tiket kereta ekonomi Sri Tanjung yang dibandrol jauh lebih murah, berkisar Rp. 50.000. Dari data ini bisa disimpulkan penumpang kereta api Mutiara Timur adalah turis-turis asing yang lebih mengedepankan kenyamanan dibanding harga murah.

Bagi anda yang lebih suka menggunakan kereta ekonomi Sri Tanjung, bukan berarti perjalanan anda tidak menyenangkan. Sri Tanjung melayani rute stasiun Banyuwangi Baru – stasiun Lempuyangan Yogyakarta. Di Surabaya, tepatnya di stasiun Gubeng, kereta ini berpindah posisi lokomotif, dengan begitu kereta ini megakomodir penumpang yang naik dari stasiun Surabaya Gubeng.

Bagaimana jika tujuan anda Denpasar, Bali, tetapi anda ingin menumpang kereta api Sri Tanjung yang menawarkan tiket kereta api lebih murah? Tentu saja anda tetap bisa sampai ke Denpasar. Sesampainya di stasiun Banyuwangi Baru dan turun dari kereta, anda tidak perlu bingung harus naik apa lagi untuk menuju pelabuhan Ketapang. Cukup jalan kaki saja untuk sampai ke Ketapang dan naik kapal feri, karena jarak antara stasiun dan pelabuhan hanya sekitar 100 meter.

Bali adalah salah satu destinasi favorit para turis, termasuk para turis lokal yang ingin sampai ke Bali dengan cara backpacking. Jadi, dengan kata lain, kereta api Sri Tanjung bisa jadi primadona bagi para backpacker. Harga tiket sangat terjangkau, fasilitas tidak mengecewakan, dan yang paling penting rute kereta ini melewati kota-kota besar. Perjalanan anda jadi lebih berwarna!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *